Dandim 0418/Palembang Beri Wawasan Kebangsaan Kepada Karyawan Indomaret

By Apriyansyah Pada : 08 Agu 2018, 15:53:48 WIB, - Kategori : Kota PalembangDandim 0418/Palembang Beri Wawasan Kebangsaan Kepada Karyawan Indomaret

PALEMBANG, liputan-sriwijaya.co.id -- Bertempat di ruang lantai ll Gedung Indogrosir Jakabaring Jln. Pangeran Ayin Kel. Sukamaju Kec. Sako Kota Palembang, Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. memberikan materi wawasan kebangsaan kepada 283 orang karyawan Indomaret yang ada di Kota Palembang, Rabu (8/8/2018). 

Materi yang disampaikan meliputi pilar kebangsaan, yaitu Pancasila sebagai konsensus dasar negara, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. "Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan," kata Letkol Inf Honi dihadapan para karyawan Indomaret.

Lebih lanjut, dijelaskan Dandim, bahwa keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI," ujarnya.

Letkol Inf Honi Havana juga menegaskan, bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar umat beragama. Apalagi, kata dia, dalam semboyan bangsa kita sudah sangat jelas, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang mengandung arti walaupun kita berbeda tetapi tetap satu.

Selain itu, mantan Danyonif Raider 200/BN ini, menjelaskan tentang keteladanan para Pahlawan dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia yang kita rasakan saat ini, karena ia berjuang dengan tulus berkorban, tangguh sabar dan pantang menyerah serta kegotong royongan yang ia laksanakan.

“Dalam mengisi kemerdekaan, kita harus berkepribadian yang berakhlak Pancasila, sehingga bisa berbuat baik serta bermafaat untuk manusia yang lain, yaitu dengan berketuhanan, rahmatan lil ‘alamin, toleransi tepo solero tidak memaksakan kehendak, menganjurkan persatuan dan rela berkorban, suka bersilaturahmi, tolong menolong/gotong royong, suka bermusyawarah mufakat, adil dan peduli lingkungan,” terang Letkol Honi Havana. @Nop