WAKASAD TUTUP TMMD REG-102 DI BENGKULU TENGAH

By 09 Agu 2018, 04:06:05 WIBHalo Indonesia

WAKASAD TUTUP TMMD REG-102 DI BENGKULU TENGAH

Keterangan Gambar : Ist. Wakasad Saat Wawanca Dengan Sejumlah Wartawan


BENGKULU, liputan-sriwijaya.co.id -- Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman, Rabu, (8/8/2018) pagi pukul. 10.00 Wib bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sekaligus menutup secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg - 102 Kodim 0423/BU TA. 2018 bertempat Lapangan Desa Giri Mulya, Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten Bengkulu Utara.

Selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, dalam  amanat  tertulis yang dibacakan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman menyampaikan bahwa, salah satu peran nyata TNI dalam mendukung Pembangunan Nasional adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke-102 TA 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari mulai tanggal 10 Juli s.d. 8 Agustus 2018.

Selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, TMMD yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun ini juga merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta Ketahanan Nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat dan khususnya Generasi Milenial.

Terkait hal tersebut, tema yang diangkat dalam TMMD ke-102 TA 2018 ini yaitu “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial” sangatlah tepat apabila dihadapkan dengan kondisi generasi muda saat ini yang semakin modern. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, moralitas dan karakter generasi muda juga harus dibangun sehingga menjadi pribadi yang kreatif, aktif, inovatif dan berjiwa nasionalis yang kuat.

Kasad juga mengatakan, dalam TMMD ke-102 ini TNI juga bekerja sama dengan Kemenpora RI guna menyukseskan program unggulan Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD), yaitu dengan meningkatkan kemandirian generasi muda di pedesaan dengan turut serta secara aktif membantu kegiatan fisik dan non fisik.

Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004, khususnya tentang tugas TNI pada OMSP yaitu memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu, TNI AD berkomitmen untuk turut ambil bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai kekuatan pertahanan”, tegasnya..

Usai menutup secara resmi TMMD Reg-102, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman dan rombongan dengan didampingi Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., beserta pejabat TNI dan Polri maupun FKPD Provinsi/Kabupaten Bengkulu menyaksikan secara langsung Drama Kolosal Ratu Samban dan Tari Tobelo bersama masyarakat Kab. Bengkulu Utara.

Wakasad beserta rombongan juga meninjau kegiatan/Stand TMMD Reg-102 dan lokasi hasil-hasil pelaksanaan TMMD Reg-102 yang dilakukan oleh Kodim 0423/BU bersama dinas instansi terkait dan masyarakat Bengkulu Tengah. Selanjutnya Wakasad melakukan pemotongan pita bertanda bahwa lokasi yang menjadi sasaran TMMD resmi dapat langsung digunakan oleh masyarakat. 

Untuk diketahui, bahwa sasaran fisik TMMD Reg-102 Kodim 0423/BU meliputi pelebaran jalan sepanjang 5,3 KM dengan lebar 6 Meter, pengerasan jalan 4 KM yang menghubungkan Desa Sumber Mulya dan Desa Marga Sakti, pemasangan batu dan mortar (drainase) sepanjang 450 meter, pembuatan gorong-gorong sepanjang 6 Meter sebanyak 4 titik, pembuatan Pos Kamling 1 unit, rehab rumah ibadah 1 unit dan rehab sekolah PAUD 1 unit.

Selain akses dan fokus peningkatan kesejahteraan masyarakat, sasaran non fisik dilakukan seperti penyuluhan Bela Negara, Narkoba, Hukum, Pengobatan massal dan pemasangan KB serta Tournament Bola Volli. Begitu juga dengan penyuluhan pola hidup sehat, pertanian, penghijauan dan bencana alam

Selain, di wilayah Kodim 0423/BU - Korem 041/Gamas, Bengkulu, kegiatan TMMD Reg-102 yang telah berlangsung selama 30 hari (mulai 10 Juli hingga 8 Agustus 2018) juga dilaksanakan di 3 Kota/Kabupaten di wilayah jajaran Kodam II/Swj. Berbagai program kegiatan baik fisik maupun non fisik telah dilaksanakan pada masing-masing wilayah yang menjadi lokasi/sasaran TMMD secara bergotong royong melibatkan TNI, Polri, Pemda dan Masyarakat.

Memasuki hari terakhir pelaksanaan TMMD Reg-102, pada Rabu, (8/8/2018) yang bertepatan dengan upacara penutupan TMMD secara serentak di seluruh wilayah Kodam II/Swj, seluruh target sasaran program TMMD baik fisik maupun non fisik, dilaporkan semuanya telah dikerjakan dan selesai 100 persen. @Rill/Nop



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Robby Prihandaya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Calon Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 - 2024
  Saya Belum Menentukan Pilihan
  Saya Golput Sajalah
  Jokowi dan Maruf Amin
  Prabowo dan Sandiaga Uno

Komentar Terakhir