Panglima TNI Tinjau Posko Satgas Siaga Bencana Asap Sumsel

By 24 Jul 2018, 22:44:51 WIBKota Palembang

Panglima TNI Tinjau Posko Satgas Siaga Bencana Asap Sumsel

Keterangan Gambar : Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P., Melakukan Kunjungan Kerja Dalam Rangka Meninjau Langsung Posko Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Ist)


PALEMBANG, liputan-sriwijaya.co.id -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P., melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau langsung Posko Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel,  Jalan. Akses Bandara SMB II Palembang, Selasa (24/7/2018).

Saat tiba di Bandara SMB II Palembang, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P., dan rombongan disambut langsung oleh Gubernur Sumsel Bpk. Alex Noerdin, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P, H. Hum., Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara, Dansatgas Karhutla (Danrem 044/Gapo) Kolonel Inf Iman Budiman, Asops Kasdam II/Swj Kolonel Inf Andre Saputro, Staf Ahli Gubernur Sumsel Bidang Perubahan Iklim. Bpk. Najib Asmani, Staf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Penanghulangan Bencana Bpk. H. Yulizar Dinoto, S.H., Kepala BPBD Prov. Sumsel Bpk. H. Iriansyah, Danlanud Palembang Kolonel Pnb Heri Sutrisno, S.I.P., M.Si.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P., dalam arahannya menekankan kepada Pangdam II/Swj, Kapolda Sumsel dan Gubernur Sumsel agar bekerjasama untuk mensukseskan pelaksanaan penanggulangan bencana asap akibat kebakaran hutan, kebun dan lahan.  “Dalam penanggulangan bencana kabut asap tidak boleh lengah sedikitpun, gunakan teknologi yang ada sehingga kebakaran dapat terdeteksi, dan tidak meluas ke daerah lain sehingga tidak menimbulkan kabut asap yang dapat mengganghu kelancaran pelaksanaan pesta olahraga Asian Games XVIII TA 2018”, kata Panglima TNI.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI juga mengatakan bahwa, dukungan logistik yang diajukan Dansatgas Karhutla Provinsi Sumsel akan di dukung oleh Mabes TNI dan kekurangan personel dalam menanggulangi Karhutla di wilayah Prov. Sumsel akan dikirim dari pusat. “Cegah dan tanggulangi setiap adanya indikasi terjadinya kebakaran hutan, kebun dan lahan di wilayah Prov. Sumsel karena harga diri bangsa di pertaruhkan,” tegas Marsekal TNI Hadi Tjahyanto.

Selain itu, Panglima TNI juga menekankan kepada unsur terkait, khususnya BPBD agar segera merencanakan untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dalam rangka mengatasi Karhutbunla. “Lakukan berkoordinasi dan bekerjasama dengan BMKG dan BPBD dalam rangka membuat hujan buatan sebagai salah satu cara strategi untuk menanggulangi dan mengatasi kebakaran. Dan selalu bersinergi dengan pihak Polri sehingga dilapangan terjadi tindakan pembakaran hutan maka pihak Kepolisian langsung dapat mengambil tindakan sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Panglima TNI.

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, didampingi oleh Kapuspen TNI Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Kaskoops AU 1 Marsma TNI Hendri Alfiandi, Asops Kapolri Irjen Pol Deden Juhara, Dankor Brimob Mabes Polri Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi, Waasops Panglima TNI Marsekal Pertama Khairil Lubis, Waaslog Panglima TNI Brigjen TNI Kasim Ganawi, Waaster Panglima TNI Brigjen TNI Purnomo dan Kabid Humas Mabes Polri Brigjen Pol M. Iqbal. @Ril/Nop




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment