Mempromosikan Museum Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung

By 31 Jul 2018, 12:18:56 WIBHalo Indonesia

Mempromosikan Museum Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Keterangan Gambar : Pembukaan Pameran Bersama UPT Museum di Lingkuan Kemendikbud, Oleh Kepala Musem Nasionla, Siswanto (31/7/2018)



PALEMBANG, liputan-sriwijaya.co.id -- Dengan rahmat dan ridho Tuhan Yang Maha Esa, sebagai upaya dalam rangka menyemarakkan peralatan Asian Games ke-18, seluruh UPT museum di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan kegiatan pameran bersama dengan tema "Olahraga dari masa ke masa sebagai penguat karakter bangsa". pameran akan berlangsung dari tanggal 31 Juli sampai dengan 30 Agustus 2018 di Museum Balaputra Dewa

Peserta pameran adalah Direktorat PCBM, Direktorat kesenian, Museum Nasional Indonesia, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Kepresidenan RI Balai kirti, museum naskah Proklamasi, Museum Sumpah Pemuda, Museum Basoeki Abdullah, Museum Balaputra Dewa dan Museum Pahlawan Nasional A.K Gani.

Sementara itu kepala Musium Nasional Siswanto mengatakan, dalam ajang Asian Games ini pihaknya akan mempromosikan musium kepada wisatawan. Karena Asian Games belum tentu sampai di Indonesia dalam waktu dekat.  

"Momen ini bagaimana sejarah olaharaga di Indonesia. Misalnya, ketangkasan, bela diri, panahan, lempar lembung,  catur, " ujarnya. 

Ada pun pameran ini lebih banyak menampilkan informasi perjalanan sejarah ke olahragaan di Indonesia dari masa prasejarah, masa sejarah kolonial, revolusi hingga masa reformasi dengan tujuan penguatan pendidikan karakter bangsa serta menumbuhkan Gagasan dan ide para generasi muda untuk memajukan bidang olahraga tanah air sehingga dapat mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di Kancah Internasional.

Dari pameran ini kita dapat melihat perkembangan olahraga dari masa ke masa dengan tujuan olahraga yang pada mulanya digunakan untuk mempertahankan diri dari lingkungan dan keganasan alam, sesuai dengan zamannya berkembang menjadi olahraga sebagai hiburan hingga kemudian olahraga berkembang tujuan menjadi kompetisi. berbagai perkembangan olahraga dari olahraga tradisional hingga olahraga modern tersaji dalam pameran ini.

Menurut, Siswanto, pihaknya memanfaatkan bagiamana menjaga pendidikan karakter. Upaya dari museum nasional untuk meningkatkan jumlah pengungjung. Adalah dengan membuat even interaktif. Sehingga musium tidak hanya menjajakan barang antik saja. "Selain itu, kita juga mempromosikan museum untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Kita juga meluncurkan aplikasi musium nasional," tandasnya. 

Pada masa Presiden Soekarno olahraga digunakan untuk mempersatukan bangsa. pada masa Soeharto olahraga digunakan untuk meningkatkan prestasi bangsa Indonesia di mata dunia. diharapkan olahraga dapat memupuk rasa nasionalisme melalui kegiatan positif. harapan kedepan ajang ini menjadi salah satu alat pemersatu bangsa dan, yang terpenting menumbuh kembangkan olahraga di tanah air.

Ia pun mengatakan, pameran bersama adalah mempersembahkan UPT museum di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyemarakan Asian Game ke-18. Pameran ini juga diisi dengan menampilkan berbagai kesenian dari sekolah-sekolah yang berasal dari daerah daerah Provinsi Sumatera Selatan yang dapat bantuan alat kesenian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selain itu juga ada kegiatan seminar workshop serta pelatihan-pelatihan untuk menyemarakan Asian Games ke-18. "Pameran ini terselenggara atas dukungan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan pemerintah kota Palembang. "Pungkasnya. @Nopri/Putra



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment