Korem 044/Gapo Dan Tiga Distan Kabupaten Tandatangani Kerjasama Cetak Sawah Baru

By 10 Jul 2018, 17:16:16 WIBReligius

Korem 044/Gapo Dan Tiga Distan Kabupaten Tandatangani Kerjasama Cetak Sawah Baru

Keterangan Gambar : Saat Penandatanganan RAB Cetak Sawah Bertempat Makorem 044/Gapo (10/7)


PALEMBANG, liputan-sriwijaya.co.id -- Korem 044/Gapo dan tiga Dinas Pertanian Kabupaten di wilayah Provinsi Sumatera Selatan yaitu Kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur menggelar acara pembahasan dan penandatanganan RAB perluasan cetak sawah baru Tahun 2018 bertempat di Ruang Rapat Markas Korem 044/Gapo, Jalan Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang, Selasa (10/7/2018).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Musi Banyuasin Ir. A. Thamrin, Kadistan Kabupaten OKI Syaripudin, S.P., M.Si. dan Kadistan Kabupaten OKU Timur Ir. Ruzuan Efendi, M.M. dengan sasaran cetak sawah seluas 900 hektar atau masing-masing Kabupaten 300 hektar.

 
Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. yang diwakili Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Letkol Inf Feridian Prabawa, S.H. mengatakan, langkah ini sebagai bentuk tindaklanjut hasil pertemuan kerjasama Kodam II/Swj dengan Dinas Ketahanan Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sumsel beberapa waktu lalu guna mewujudkan swasembada pangan secara nasional yaitu dengan menciptakan daerah-daearh baru sebagai lumbung pangan nasional. “Untuk itu saya sangat mendukung, agar rencana ini segara terwujud dan dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar,” ujar Letkol Feridian saat membuka acara tersebut.


Lebih lanjut, Kasiter menegaskan, bahwa kerjasama membangun pertanian juga sejalan dengan amanah konstitusi yang tercantum dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Salah satu tugas TNI adalah pemberdayaan wilayah pertahanan didarat dalam konteks tersebut. Korem akan tetap komitmen meneruskan program cetak sawah di wilayah Provinsi Sumsel. Sehingga program swasembada pangan tetap akan berkelanjutan mencapai target pekerjaan pencetakan sawah baru. “Saya percaya apabila semua itu dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh maka swasembada pangan yang dulu pernah kita capai dapat kembali terwujud dan kesulitan pangan rakyat Indonesia bisa teratasi,” terang Kasiter.

Sementara itu, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. sendiri yang hadir usai penandatanganan RAB perluasan cetak sawah mengatakan, perluasan area sawah yang akan dilaksanakan di 3 Kabupaten ini dalam rangka meningkatkan jumlah produksi pertanian khususnya beras guna memenuhi kebutuhan beras regional. “Dihadapkan dengan jumlah lahan yang ada, diperlukan adanya perluasan lahan sawah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan beras di Provinsi Sumsel,” ujar Danrem.

Oleh karena itu, lanjutnya, seiring kebijakan dari Kementerian Pertanian, maka dilakukan penandatanganan kerja sama dalam rangka pelaksanaan perluasan lahan pertanian di 3 Kabupaten. “Ambil pengalaman tahun sebelumnya yang positif, dan saya yakin dan percaya, Kodim bersama Dinas Pertanian Kabupaten setempat dapat menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik, melalui sinergitas antar seluruh komponen,” kata Kolonel Budiman. @Np



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Robby Prihandaya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Calon Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 - 2024
  Saya Belum Menentukan Pilihan
  Saya Golput Sajalah
  Jokowi dan Maruf Amin
  Prabowo dan Sandiaga Uno

Komentar Terakhir