Herman Deru Hadiri Pagelaran Wayang Semalam Suntuk di Kebun Bunga
Wayang Kulit dengan Judul Sesaji Rojo Suryo

By Ahmad Rizata 23 Sep 2018, 09:40:15 WIBAsian Games 2018

Herman Deru Hadiri Pagelaran Wayang Semalam Suntuk di Kebun Bunga

Keterangan Gambar :


Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk yang diadakan oleh PUJA SUMA Sumatera Selatan dengan Judul SESAJI ROJO SURYO  dibawakan langsung oleh Dalang Sunarso dari Solo Jawa Tengah beserta sindennya.   Acara pagelaran seni Wayang Kulit ini  dibuka oleh Gubernur Sumsel terpilih HERMAN DERU. 

Herman deru Pujasuma

 Herman deru Pujasuma

Acara tersebut diselegarakan  pada hari saptu pukul 8,30 wib 22-9-2018.  Dikelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami kota Palembang Sumsel. Herman Deru dengan bangga menngatakan bahwa ia sudah tidak asing dengan organisasi PUJASUMA. Karna dimasa ia menjabat Bupati OKUT. ia pernah menerapkan satu hari dalam satu bulan berbahasa JAWA.  Tukas nya.   Dengan meriah para anggota organisasi PUJASUMA menyambut kedatangan Herman deru dan acara tersebut.

Jalan cerita dari Wayang itu sendiri berisi tentang kisah Raja Jarasandha yang angkara, yang meneror seluruh dunia dengan menaklukkan negeri-negeri besar, memenjarakan 97 raja, dan menebarkan malapetaka ke mana-mana. Hal ini menimbulkan keprihatinan Yudhistira, Raja Amarta yang berbudi.

Menurut petunjuk Dewata, Yudhistira harus menyelenggarakan upacara Sesaji Raja Suya untuk menjadikan dunia damai dan tenteram. Adik-adik Yudhistira pergi ke Giribraja untuk membebaskan para tawanan. Pada awalnya para Pandawa kewalahan oleh kesaktian Jarasandha yang bisa hidup kembali setelah terbunuh. Namun berkat petunjuk Kresna, Jarasandha berhasil dikalahkan.

Para raja yang dibebaskan sangat berterima kasih dan bersedia dengan rela bersumpah setia kepada Yudhistira, sehingga terselenggaralah upacara Sesaji Raja Suya.

Apabila kita tarik kisah tersebut dengan kondisi negara kita sekarang ini sudah tampak jelas bahwa kondisi negara sekarang penuh dengan gonjang ganjing panasnya perpolitikan. Dimana tahun ini merupakan tahun- tahun yang begitu panas karena setelah pemilihan kepala daerah kini dilanjutkan dengan pemilihan presiden serta calon legislatif di tahun 2019.

Sebagai warga negara yang memiliki ideologi pancasila dan memegang teguh agama tentunya tidak akan mudah terpancing dengan berbagai macam isu-isu di dunia perpolitikan. Tetap kita sukseskan pemilu yang damai tanpa adanya gesekan yang tidak perlu. (Mario-Rd) 



Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Robby Prihandaya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Calon Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 - 2024
  Saya Belum Menentukan Pilihan
  Saya Golput Sajalah
  Jokowi dan Maruf Amin
  Prabowo dan Sandiaga Uno

Komentar Terakhir