Efektifkah Penerimaan Siswa Baru Sistem Zonasi
Masyarakat Bingung dengan sistem baru PPDB

By 23 Mei 2017, 00:43:41 WIBHalo Indonesia

Efektifkah Penerimaan Siswa Baru Sistem Zonasi

Keterangan Gambar : Zonasi Bebas Pungli


Ganti Menteri Ganti Kebijakan

 pendidikan kita

Tidak ada habis-habisnya sistem pendidikan nasional kita gonta ganti kebijakan, dampaknya adalah generasi kita akan menjadi generasi percobaan sistem pendidikan yang carut marut oleh pengambil kebijakan. Belum lagi para guru yang dipusingkan oleh sistem administrasi pendidikan yang berbasis online kini sudah harus disibukkan lagi dengan sistem penerimaan siswa yang menurut pantauan Liputan Sriwijaya kurang disosialisasikan kepada masyarakat.

 Kebijakan zonasi dalam penerimaan siswa baru atau Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang diterapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditanggapi beragam oleh masyarakat. Tidak sedikit warga menilai kebijakan tersebut menjadi penghambat siswa dalam memilih sekolah yang diinginkan. Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Muhadjir Effendy membantah tudingan tersebut.
"Ini sebenarnya adalah program afirmasi untuk melindungi anak yang tidak mampu agar mendapatkan sekolah. Sekolah negeri ya, karena sekolah negeri itu dibiayai oleh pajak rakyat dan itu harus dikembalikan kepada rakyat, nah itu yang zona," kata Hamid di Labschool UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (6/7/2017).
Hamid menjelaskan sistem zonasi diterapkan agar siswa dapat diterima di sekolah yang dekat dengan domisilinya. Dirinya berpendapat sistem zonasi juga akan melindungi warga yang tidak mampu.

Mungkin itikad baik dari menteri perlu mendapatkan aspirasi dan dukungan dari segenap masyarakat, akan tetapi bagaimana dengan tingkat level pendidikan apakah bisa menerima kondisi ini. Anak didik yang berprestasi yang semestinya dapat menikmati pendidikan di sekolah yang memiliki fasilitas memadai harus mendaftar di sekolah di dekat rumahnya yang memiliki fasilitas yang kurang untuk mendukung kemampuan akademiknya. sebagai contoh anak didik yang bersekolah dasar dengan fasillitas lengkap harus mendaftar ke SMP yang memiliki prestasi jauh dari yang diharapkan.

APakah sistem zonasi ini benar-benar efektif, lalu bagaimana dengan sistem pungli yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab, sehingga golongan yang 'berduit' dapat bebas memilih sekolah favorit yang diinginkannya.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Robby Prihandaya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Calon Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 - 2024
  Saya Belum Menentukan Pilihan
  Saya Golput Sajalah
  Jokowi dan Maruf Amin
  Prabowo dan Sandiaga Uno

Komentar Terakhir