Tangkal Radikalisme, Kodim 0401/Muba Gelar Komsos Kreatif

By Pada : 08 Agu 2018, 15:47:22 WIB, - Kategori : DaerahTangkal Radikalisme, Kodim 0401/Muba Gelar Komsos Kreatif

MUBA, liputan-sriwijaya.co.id -- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-73, Kodim 0401/Musi Banyuasin menggelar kegiatan lomba melukis dan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) bagi siswa siswi SLTA Sederajat yang ada di wilayah Musi Banyuasin bertempat di Aula Markas Kodim 0401/Muba, Rabu (8/8/2018).

Kegiatan yang mengambil tema “Melalui kemanunggalan TNI rakyat, kita wujudkan cegah tangkal radikalisme” ini sekaligus bentuk Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Kodim 0401/Muba dalam mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Perlombaan tersebut dibuka secara langsung oleh Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Czi Mulyadi, S.IP. dan dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah SLTA/SMK Sederajat  yang mengikuti lomba,  guru pendamping, Camat Sekayu, Team juri dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Muba dan Depag Kab. Muba serta para pelajar peserta lomba dari masing-masing Sekolah.

Menurut Dandim 0401/Muba Letkol Czi Mulyadi, S.IP., peserta lomba sendiri adalah perwakilan dari 12 Sekolah tingkat SLTA/SMK Sederajat yang berada di Kabupaten Muba dengan peserta masing-masing Sekolah mewakilkan 1 orang siswa untuk lomba melukis dan 2 orang siswa Putra dan Putri untuk lomba Kultum. 

“Dengan lomba ini Kodim 0401/Muba ingin memberikan wadah buat pelajar untuk berkreasi. Kegiatan yang ada di Sekolah diwadahi dan ada salurannya dimana salah satunya adalah dengan lomba. Generasi muda semakin kreatif dan inovatif serta terhindar dari hal-hal yang negatif karena dalam kegiatan ini juga diselipkan materi wawasan kebangsaan dan materi nasionalisme yang lain,” ujarnya.

Dandim juga mengatakan, Komsos Kreatif tersebut serentak digelar di tingkat Kodim seluruh Indonesia. Selanjutnya juara satu dalam lomba tersebut akan diikutkan dalam lomba serupa di tingkat Korem dan selanjutnya hingga puncaknya ditingkat Mabes TNI AD. 

“Untuk dewan juri sendiri diambilkan dari profesional, bukan dari Kodim sehinga lebih fair,” tambahnya.

Dalam lomba melukis sendiri menggunakan kanvas yang disediakan oleh panitia. Dan tampak terlihat para peserta lomba sangat antusias dalam mengukuti lomba melukis maupun Kultum ini. @Rill/Nopri