Ny. Rina Irwan, Dikukuhkan Sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena

By Apriyansyah Pada : 27 Jul 2018, 17:14:38 WIB, - Kategori : Halo IndonesiaNy. Rina Irwan, Dikukuhkan Sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena

PALEMBANG, liputan-sriwijaya.co.id -- Ny. Rina Irwan istri Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., yang baru dilantik, dikukuhkan sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena II/Sriwijaya, menggantikan Ny. Annies Putranto, yang akan mengikuti suaminya Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., bertugas di satuan baru sebagai Dankodiklat TNI AD.

Pengukuhan Istri orang nomor satu di Kodam II/Swj sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Sertijab Pangdam II/Swj yang digelar Kodam II/Swj bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jln. Jend. Sudirman Km. 2,5 Palembang, Kamis (26/7/2018). Pengukuhan Ibu Raksakarini ini berdasarkan Surat Keputusan Pangdam II/Swj Nomor Kep / 113 / VII / 2018 tentang Pengangkatan Ibu Raksakarini Sri Sena II/Sriwijaya, tanggal 25 Juli 2018.

Acara Pelepasan dan Pengukuhan Ibu Raksakarini Sri Sena ditandai dengan penanggalan selempang dan lencana Ibu Raksakarini Sri Sena yang lama, Ny. Annies Putranto oleh Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., dan pemasangan selempang dan penyematan lencana Ibu Raksakarini Sri Sena yang baru, Ny. Rina Irwan yang dilakukan langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., serta Penyerahan Bunga Tangan oleh Perwira Koordinator (Pakor) Kowad Letkol Ckm (K) Ariani, S. Psi.

Gelar Ibu Raksakarini Sri Sena, yang diberikan oleh Korps Wanita TNI Angkatan Darat kepada istri Pangdam II/Sriwijaya ini, adalah suatu bentuk kepercayaan, pengakuan dan penghormatan, yang bermakna sebagai seorang “Ibu”, yang dipercaya sebagai pembimbing dan penuntun bagi prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Darat terutama Kowad Kodam II/Swj.

Selain itu, pengukuhan sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena, adalah suatu kehormatan dan penghargaan di lingkungan TNI AD. Ini juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi Ny. Rina selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD II/Swj yang baru, atas kepercayaan dan penghargaan yang baru diterimanya tersebut.

Tugas sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena II/Sriwijaya adalah membantu Pangdam II/Swj dalam pembinaan anggota Kowad Kodam II/Sriwijaya, yang meliputi pemeliharaan kodrat dan sifat kewanitaan anggota Kowad, pemeliharaan kesadaran anggota Kowad untuk menjaga nama baik wanita umumnya, pemeliharaan kesadaran anggota Kowad sebagai Ibu atau istri dalam keluarga sendiri dan sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan hidupnya.

Ny. Rina Irwan mengatakan bahwa semaju apapun prestasi, jabatan dan keahlian yang dikuasai, seorang prajurit Kowad harus tetap menyadari kodrat dan kedudukannya sebagai wanita Indonesia, sebagai wanita pendamping suami/ibu rumah tangga dan pendidik bagi putra-putrinya.

Pada kesempatan tersebut, Ny. Rina juga mengajak segenap anggota Kowad untuk senantiasa mengedepankan tingkah laku dan sikap kewanitaan dengan tetap menjaga dan bertindak sesuai kepribadian wanita Indonesia yang bertata susila dan selalu memegang teguh semboyan : Meskipun Prajurit tetap Wanita dan meskipun Wanita tetap Prajurit.

Wanita yang bernama asli Rinagustin ini juga berpesan agar menjaga martabat dan kehormatan Kowad Kodam II/Swj, sesuai Sesanti Kowad dalam Sad Satya Sri Sena (enam janji prajurit wanita) dan motto Kowad yaitu, “Bukan mawar penghias taman tetapi melati pagar bangsa”, sehingga mampu menjaga dan memelihara citra diri sebagai wanita Indonesia.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama, dilanjutkan dengan penyerahan tali asih dari Ny. Annies Putranto kepada Pakor Kowad Letkol Ckm (K) Ariani, S. Psi. @Ril/Nop