Tujuh Point Pemkot Jambi Gelar Jumpa Pers Terkait Penghentian Sementara Rumah Ibadah GSJA, HKI dan G

By April Ibrahim 29 Sep 2018, 20:07:32 WIBDaerah

Tujuh Point Pemkot Jambi Gelar Jumpa Pers Terkait Penghentian Sementara Rumah Ibadah GSJA, HKI dan G

Keterangan Gambar :


Liputan Sriwijaya. Jambi - - Sekda Kota Jambi, Budi Daya mewakili Walikota Jambi, SY Fasha yang berhalangan hadir Sabtu (29/09/2018) menggelar jumpa pers terkait dengan penyegelan rumah ibadah ruang utama kantor Walikota Jambi.

Turut mendampingi Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar, Ketua FKUB Kota Jambi, Husen, Camat Alam Barajo, Amran, Kaban Kesbangpol Kota Jambi, Lipan Pasaribu, Kabid Ormas dan agama, Beni Handoko, Danramil.

Inilah point yang dibacakan oleh Sekda Kota Jambi, Budi Daya sebagai berikut, Terkait dengan penghentian sementara penggunaan rumah ibadah (gereja) GSJA, HKI dan GMI dapat kami sampaikan sebagai berikut :

1. Pemerintah Kota Jambi menegaskan bahwa, kebebasan menjalankan ibadah adalah hak konstitusional warga yang dijamin oleh UUD. Dan dalam rangka menjalankan hak konstitusional warga tersebut, Pemerintah wajib melindungi warganya termasuk memberi rasa aman bagi semua pemeluk agama.

2. Pemerintah Kota Jambi melakukan penundaan penggunaan sementara rumah ibadah milik GSJA, HKI dan GMI, untuk menghindari terjadinya konflik horizontal ditengah masyarakat. Yang berawal dari 3 kali surat keberatan masyarakat setempat dan aksi massa di lapangan. Serta terakhir surat tertanggal 24 September yang akan menggelar demo besar-besaran.

3. Sebelumnya Pemerintah Kota Jambi sudah menggelar rapat mediasi dengan pihak-pihak terkait. Rapat dilanjutkan dengan di mediasi Forum Komunikasi Ummat Beragama (FKUB) yang berlangsung pada tanggal 26 September 2018 di Balai Adat Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi yang dihadiri unsur Pemerintah Kota Jambi, Ketua MUI, Ketua Lembaga Adat Melayu Kota Jambi, Polresta Jambi, Kodim 0415/Bth, unsur Binda, unsur Kejari Jambi, Kapolsek Kotabaru, Koramil Telanaipura, Camat Alam Barajo, Lurah Kenali Besar, Tokoh/Perwakilan Umat Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu, Jemaat Gereja, serta unsur masyarakat setempat. Rapat musyarawah Forum Komunikasi Umat Beragama tersebut menghasilkan kesepakatan untuk dilakukan penghentian sementara pengunaan rumah ibadah tersebut sampai situasi kondusif.

4. Terkait hal tersebut, Pemkot bersama Polresta Jambi dan Kodim 0415/Bth tetap memfasilitasi kegiatan ibadah rutin jemaat tersebut sambil melakukan mediasi dan musyawarah lebih lanjut yang akan di fasilitasi Pemkot Jambi pada hari Senin lusa tanggal 1 Oktober 2018.

5. Pemerintah Kota Jambi membantah adanya pernyataan pelarangan ibadah bagi jemaat yang dilontarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, namun justru Pemkot Jambi bersama Polresta Jambi dan Kodim 0415/Bth memberi ruang ibadat yang lebih kondusif & khusyu' serta nyaman bagi jemaat dengan memindahkan sementara pelaksanaan peribadatan ditempat sementara yang lebih representatif.

Adapun fasilitasi kegiatan peribadatan yang disiapkan Pemkot dan Polresta Jambi adalah dengan menyediakan : Aula Polresta Jambi dan Lapangan Tenis Indoor milik Pemkot Jambi.

Sementara guna memobilisasi jemaat untuk beribat, Pemkot telah menyediakan 5 buah unit bus untuk angkutan jemaat ke tempat ibadah sementara tersebut

6. Kami minta kiranya masyarakat dan pihak-pihak terkait dapat maklum dan menahan diri dengan tidak0„2 memberikan komentar provokatif yang justru malah memperuncing permasalahan ini. Berilah kesejukan dan kedamaian ditengah-tengah masyarakat.

7. Kami mendesak pihak berwajib agar mengambil langkah-langkah tegas kepada oknum / pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang dengan sengaja memanfaatkan situasi ini melakukan penyebaran informasi / berita sesat yang tidak sesuai dengan fakta dilapangan.

"Dan juga pemeluk agama harus mentaati akan aturan pada lingkungan dimana mereka beribadah, seperti melaporkan akan kegiatan sama ketua RT maupun Lurah setempat, "jelasnya (LS-Hendro)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Robby Prihandaya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Calon Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 - 2024
  Saya Belum Menentukan Pilihan
  Saya Golput Sajalah
  Jokowi dan Maruf Amin
  Prabowo dan Sandiaga Uno

Komentar Terakhir