Sidang paripurna XLIX dengan Agenda Penyusunan Perubahan Tata Tertib DPRD Provinsi Sumsel

By April Ibrahim 04 Okt 2018, 06:45:35 WIBDaerah

Sidang paripurna XLIX dengan Agenda Penyusunan Perubahan Tata Tertib DPRD Provinsi Sumsel

Keterangan Gambar :




PALEMBANG,liputan-sriwijaya.co.id.-- DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  menggelar paripurna XLIX dengan agenda penyusunan perubahan tata tertib DPRD Provinsi Sumsel masa persidangan ketiga tahun 2018 dilangsung diruang utama gedung DPRD Provinsi Sumsel, (03/10/2018)


Dalam Rapat Paripurna dipimpin oleh Muhammad Yansuri, Plt Ketua DPRD Provinsi Sumsel dan di dampingi oleh Wakil Ketua Kartika Sandra Desi, dihadiri oleh Sekda Provinsi Sumsel, H Nasrun Umar, dan seluruh perangkat OPD di jajaran Pemerintah Provinsi Sumsel. Pansus rancangan Peraturan Tatib ini sendiri diketuai oleh Fahlevi Maizano.  


Plt Ketua DPRD Sumsel, M Yansuri menjelaskan''rapat hari ini mendengarkan penjelasan Badan Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Sumsel, tentang perubahan tata tertib DPRD Provinsi Sumsel dilanjutkan dengan pembentukan panitia khusus (Pansus) pembahasan perubahan tata tertib DPRD Provinsi Sumsel,''ungkapnya.

"Untuk menindaklanjuti perubahan tersebut, Badan Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Sumsel telah melakukan rapat pra pembahasan bersama dengan tenaga ahli DPRD Provinsi Sumsel pada tanggal 1 Oktober 2018, dan pada tanggal 2 Oktober 2018 melakukan rapat pembahasan bersama Biro Hukum dan HAM Setda Provinsi Sumsel, "paparnya.

Dan pada rapat paripurna XLIX Badan Pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Sumsel melalui juru bicaranya H Rizal Kennedy mengungkapkan laporan tentang perubahan tata tertib tersebut. "Esensi tujuan penyusunan peraturan DPRD Sumsel tentang tata tertib ini untuk meningkatkan kualitas, produktivitas dan kinerja DPRD dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah serta memaksimalkan perda DPRD,¡± ungkapnya.

Setelah di setujui oleh Anggota DPRD Sumsel yang hadir, perubahan tata tertib DPRD Provinsi Sumsel ditandatangai oleh Plt Ketua DPRD Provinsi Sumsel Muhammad Yansuri, dan selanjutnya akan di bahas oleh Pansus dari tanggal 3 Oktober hingga 12 Oktober 2018. Kemudian hasil pembahasan dan konsultasi di tingkat Pansus akan dilaporkan pada rapat paripurna pada tanggal 15 Oktober 2018 yang akan datang.

Ditempat yang sama anggota DPRD Sumsel Ellianuddin mengatakan perubahan tatib dilakukan karena adanya PP 12 tahun 2018. Menurut Elianuddin dalam PP itu nanti akan mengatur tugas dan fungsi Komisi, Banggar serta mengatur mekanisme pengajuan pengaturan daerah.



"Dan kita lihat sebelumnya itukan, Komisi DPRD itu tidak begitu kuat dalam proses hak anggaran karena Banggar (Badan Anggaran) ikut campur dalam urusan anggaran OPD. Sehingga kedudukan komisi tidak ada guna, hanya lewat saja. Pembahasan anggaran OPD itu di Komisi, bukan lagi di Banggar, Banggar hanya secara umum.  Platformnya di Komisi," ungkapnya.

"Di Banggar juga nantinya akan ada perwakilan dari Komisi yang bersangkutan. Sehingga jika ada perlu penambahan dalam anggaran yang dibahas akan dicatat dalam oleh perwakilan Komisi.Selama ini fraksi saja, harusnya ada perwakilan dari Komisi yang duduk di Banggar, dia nanti yang akan menyampaikan hasil kerja komisi," tutupnya. @ptr



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Robby Prihandaya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Calon Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 - 2024
  Saya Belum Menentukan Pilihan
  Saya Golput Sajalah
  Jokowi dan Maruf Amin
  Prabowo dan Sandiaga Uno

Komentar Terakhir