Pentingnya Imunisasi MR Untuk Mencegah Kecacatan

By 22 Jul 2018, 19:31:08 WIBKesehatan

Pentingnya Imunisasi MR Untuk Mencegah Kecacatan

Keterangan Gambar : Seminar dan Pelatihan Advokasi Untuk Kemampuan Imunisasi


PALEMBANG,liputan-sriwijaya.co.id--Ikatan Dokter Anak Indonesia Menekankan Pentingnya Imunisasi MR untuk Mencegah Kecacatan dan Kematian Akibat Campak, Rubela, dan Sindrom Rubela Kongenital oleh karena nya dilakukan seminar dan pelatihan Advokasi untuk Kampanye Imunisasi MR Fase ll dan Surveilans PD3I di Hotel The Zuri Jln.Radial Palembang.(22/07/2018)

Wakil Ketua Pengurus Pusat IDAI Dr Santoso Soeroso menjelaskan Imunisasi adalah saIah satu upaya promosi kesehatan yang paling efektif di seluruh dunia Sejak pertama kali diperkenalkan imunisasi telah menurunkan angka kecacatan dan kematian aklbat penyakit menular di dunia. bahkan mengeliminasi beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasa (PD3I). lmunisasi juga merupakan salah satu dari I7 goals Sustainable Development Goals (SDG)yaitu mencapai universal health coverage  termasuk perlindungan risiko keuangan, akses kepada pelayanan kesehatan dasar berkualitas dan akses kepada obat-obatan dan vaksin dasar yang aman, efektif, dan berkuaIitas bagi semua orang. 

Untuk mencapai target SDG pada tahun 2030 ini, salah satu upaya yang dilakukan di bidang kesehatan adaIah imunisasi Measles Rubella (MR). Imunisasi MR ini 

penting untuk diberikan bagi anak usia 9 bulan < l5 tahun. Imunisasi measles (campak) dapat mencegah penyakit campak komplikasi yang berat berUpa radang paru,radang otak dan diare 
yang dapat menyebabkan kematian.

Menurutnya " Imunisassi rubela untuk mencegah penularan penyakit rubela dari anak ke ibu hamil yang ada disekitarnya. Penyakit rubela pada ibu hamil muda sampai usia kehamilan 4 bulan, dapat mengakibatkan kecacatan pada bayi yang dilahirkan yang dikenal sindrom rubela kongenital.

Sindrom rubeIa kongenital ini secara khusus dapat menyebabkan kelainan mata berupa katarak. gangguan pendengaran (tuli kongenital). penyakit jantung bawaan dan mikrosefali (ukurankepala keciI) yang mengakibatkan keterlambatan perkembangan. 

Lebih lanjut dia menyatakan" Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar maupun Ianjutan dan mendukung pelaksanaan program eliminasi MR di Indonesia itulah Pengurus Pusat IDAI bekeriasama dengan Kementerian Kesehatan RI dan WHO. serta atas dukungan IDAI Cabang melaksanakan seminar dan pelatihan "Advokasi untuk kampanye imunisasi MR fase II dan surveiIans PD3l". 

Seminar dan Pelatihan."Advokasi untuk kampanye imunisasi MR fase II dan surveilans PDBI" dilaksanakan di 14 kota di berbagai kota di luar Jawa, meliputi kota Lampung, Manado, Makassar. Pekanbaru, jayapura, Aceh, Palembang. Pontianak. Medan. Kupang, Padang. Banjarmasin. BaIikpapan dan Lombok. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penyegaran kepada tenaga kesehatan Iintas sektor (dokter spesiaiis anak, dokter umum. bidan. perawat)
 mengenai pelayanan lmunisasi, mempersiaplen tenaga kesehatan untuk menyukseskan kampanye imunisasi MR fase II di Iuar Pulau jawa, semi 

Meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan mengenai surveilans PD3I. Kegiatan ini jadi juga diharapkan membekali tenaga kesehatan dengan pengetahuan ilmiah berbasis bukti yang diperlukan untuk menjawab berbagai pertanyaan orang tua dan masyarakat mengenai imunisasi,"tutupnya.(Ptr)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment