Pemberlakuan Tariff Taksi online! Angin Segar Sopir Angkot
Taksi online belum berlakukan tarif dasar

By April Ibrahim 06 Jul 2017, 19:08:27 WIBKota Palembang

Pemberlakuan Tariff Taksi online! Angin Segar Sopir Angkot

Keterangan Gambar : tarif dasar taksi online


TARIF TAKSI ONLINE SELAMATKAN BISNIS TRANSPORTASI DI INDONESIA

 rental taksi palembangrental taksi palembang

Dengan munculnya sistem taksi online memang dirasakan sangat besar manfaat dan efisiensinya bagi masyarakat kota Palembang. Hanya dengan memainkan ibu jari pada Smartphone maka dengan muda kita dapat mengakses situs taksi online bahkan dengan cepat mengetahu seberapa besar biaya yang bakal dikenakan untuk tujuan yang ingin kita capai. Apabila dirasakan mahal kita tinggal beralih ke jenis taksi online lainnya seperti uber dan lain sebagainya.

Berdasarkan pantauan tim LS terhadp tarif taksi online yang selama ini diberlakukan adalah seperti berikut ini:

Go-Car
Pada Go-Car, tarif minimum atau tarif dasar dikenakan biaya Rp 10.000. Go-Car akan mengenakan biaya tambahan jarak per kilometer sebesar Rp 3.500. Sebagai contoh, jika pengguna menempuh jarak 5 kilometer, biaya yang dikenakan adalah tarif dasar Rp 10.000 + (5 x Rp 3.500) = Rp 27.500.
Go-Jek belum menyertakan biaya tambahan lain saat pemesanan Go-Car pada jam sibuk alias "rush hour".

Tarif Uber
Sementara itu, Uber mematok tarif minimum yang lebih rendah, yakni Rp 3.000. Meski begitu, variabel penambahan biaya tak cuma didasarkan pada jarak, tetapi juga waktu yang ditempuh.

Penumpang harus membayar Rp 2.000-an tiap menjangkau satu kilometer bersama mobil Uber. Sementara itu, tiap menit tarif dinaikkan biaya Rp 300.

Pada jam sibuk, pengguna bakal diberi tahu terlebih dahulu soal penambahan tarif. Nominalnya beragam sesuai dengan kondisi jalan saat itu. Bisa saja tarif dilipatgandakan hingga tiga kali.

Tarif GrabCar

Sistem penambahan tarif pada jam sibuk juga diberlakukan pada GrabCar. "Tarif tinggi karena (banyaknya) permintaan", begitu pemberitahuan yang bakal tertera di aplikasi saat pengguna memesan GrabCar pada rush hour.

Tak dijelaskan lebih lanjut berapa kali lipat kenaikan tarif yang dipatok. Namun, angka pasti yang harus dibayarkan saat sampai di destinasi sudah tercantum.

Untuk keadaan normal, GrabCar mematok tarif minimum yang sama dengan Go-Car, yakni Rp 10.000. Tarif tambahan per kilometernya dipatok Rp 4.000

 

Harga diatas benar-benar sangat murah dibandingkan dengan taksi konvensional atau mobil rental yang ada di palembang dan berdasrkan pengakuan para sopir mobil taksi konvensional dan regular mereka merasa pendapatan mereka mulai berkurang karena tidak mampu bersaing dengan kendaraan taksi online yang memang merupakan mobil jenis keluaran terbaru dan mewah walau dengan harga yang sangat murah.

Seperti penuturan Rahmat yang pernah menggunakan jasa taksi online Go-Car mengakui bahwa untuk sekali perjalanan dari KM.9 ke PS Mall ia hanya merogoh kocek ± Rp.  20 - 25 ribu saja untuk satu keluarga (8 orang).

 Sekarang tarif sudah berubah, berdasarkan Permenhub 26/2017 diterbitkan pada 1 April 2017 dan disosialisasikan selama tiga bulan.

Penetapan tarif batas atas dan batas bawah taksi online itu tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) Perhubungan Darat.

Pada pasal 2 ayat (1), tarif batas bawah taksi online ditentukan sebesar Rp 3.500.

Sementara itu, tarif batas atas dipatok Rp 6.000. Tarif tersebut berlaku di wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali. Untuk daerah di luar tiga wilayah itu, ditetapkan batas tarif yang lebih tinggi.

Tarif tersebut sudah termasuk asuransi. Di antaranya, iuran wajib penumpang umum asuransi Jasa Raharja Rp 60 per orang.

Kemudian, per orang dikenai tambahan Rp 40 untuk asuransi tanggung gugat penumpang Jasa Raharja Putera.

Total asuransi yang dibayarkan adalah Rp 100


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Robby Prihandaya

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Calon Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 - 2024
  Saya Belum Menentukan Pilihan
  Saya Golput Sajalah
  Jokowi dan Maruf Amin
  Prabowo dan Sandiaga Uno

Komentar Terakhir