Kesbangpol Apresiasi Eksistensi LSM LM PARI dalam Memperkuat civil society
Verifikasi Lembaga Swadaya Masyarakat LM PARI

By Ahmad Rizata 08 Sep 2018, 19:29:30 WIBDaerah

Kesbangpol Apresiasi Eksistensi LSM LM PARI dalam Memperkuat civil society

Keterangan Gambar :


Sumsel. Liputan sriwijya. 8/9/2018. Eksistensi Peran serta Lembaga Swdaya Masyarakat dalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat sangat dibutuhkan di era Sekarang ini.  LSM adalah sebuah organisasi yang didirikan perorangan ataupun sekelompok orang yang secara sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan memperoleh keuntungan dari kegiatannya. Melihat definisi tersebut, semestinya sebuah Lembaga Swdaya Masyarakat bekerja murni bagi kepentingan masyarakat tanpa sedikitpun mengkapitalisasi massa ataupun dana yang masuk dalam sirkulasi administrasi organisasinya.

Harus diakui, eksistensi dan peran Ormas/Yayasan dan LSM di Provinsi Sumatera Selatan telah memberikan warna dalam upaya-upaya memperkuat civil society. Namun harus diakui juga bahwa tak semua Ormas/Yayasan dan LSM berperan sebagaimana seharusnya, yaitu sebagai pilar hadirnya civil society. Beberapa Ormas/Yayasan dan LSM justru melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dari fungsinya serta melakukan berbagai tindakan yang dapat merusak ketahanan nasional.

Karena itu, sesuai amanat undang-undang, Pemerintah kota Palembang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), berupaya melakukan Verifikasi, pembinaan dan pemberdayaan terhadap Ormas/Yayasan dan LSM yang ada di daerah ini. Dengan demikian, diharapkan akan mendorong peningkatan kualitas kelembagaan Ormas/Yayasan dan LS.

Diharapkan, dengan dilakukannya pendataan atau verifikasi ulang bagi masing-masing lembaga ormas atau LSM, maka akan terwujudnya administrasi yang tertib dalam tubuh lembaga ormas atau LSM yang ada di Sumsel.

Lembaga kemasyarakatan yang ada di Provinsi Sumatera Selatan cukup banyak, salah satunya adalah Lembaga Misi Perjuangan Aspirasi Rakyat Indonesia (LM- PARI) yang terus eksis berperan aktif dengan program-programnya. Oleh karena itu pada tangggal 06 September 2018 bertempat di kantor LM PARI SumSel telah kedatangan Team dari KESBANGPOL Provinsi Sumsel dalam rangaka Verifikasi Legalitas dan Integritas Lembaga Misi Perjuangan Aspirasi Rakyat Indonesia/ LM PARI SumSel.

Hadir dalam kesempatan tersebut Tim dari Kesbangpol yang tersebut terdiri dari 7 orang dan di pimpin oleh Bapak Romli dan beberapa Kepala Bidang yang langsung berdialog dengan Ketua Umum LM PARI Sumsel Yaitu Bapak April Ibrahim yang juga didampingi olah para ketua DPD kabupaten/kota serta Unsur pengurus lainnya. 

Dari hasil dialog tersebut serta paparan oleh ketum LM PARI Bapak April Ibrahim,  Pihak kesbangpol sumsel sangat mengapresiasi hasil kerja Dari LM PARI juga memberikan dukungan motivasi untuk terus melanjutkan peran sertanya dalam pengawasan kebijakan pemerintah penyelenggara Negra pengguna Anggaran. 

Menurut April Ibrahim,  Kedatangan Kesbangpol ke kantor LM PARI,  itu merupakan suatu penghargaan  sekaligus memberikan support untuk meningkatkan kinerja para anggota. seluruh pengurus dan anggota LM PARI SUMSEL . Selanjutnya beliau mengucapkan terimah kasih atas kunjungan dari Kesbngpol Sumsel kekantor LM PARI juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan berharap demoga kegiatan seperti ini dapat terus berkelanjutan dikemudian hari.  @tomi.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment