Jelang Asian Games, Satgas Darat Intensifkan Patroli Malam

By 09 Agu 2018, 18:21:57 WIBDaerah

Jelang Asian Games, Satgas Darat Intensifkan Patroli Malam

Keterangan Gambar : Ist. Sagdas Lakukan Patroli Malam Cegah Pontensi Karhutla


OKI, liputan-sriwijaya.co.id -- Perhelatan Asian Games XVIII 2018 yang akan digelar terutama di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) hanya meninggalkan hitungan hari. Namun, kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla) masih ada saja terjadi di beberapa daerah di Sumsel.

Berdasarkan data yang dilaporkan Dandim 0402/OKI Letkol Inf Septiyanizar, S.I.P., tadi malam terjadi kebakaran di kabupaten yang rawan terjadi Karhutbunla, yaitu di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumsel. Dua kabupaten yang berada di wilayah Kodim 0402/OKI ini, sebagian besar merupakan lahan gambut yang mudah terbakar, sehingga menjadi langganan terjadi Karhutbunla.

Sekitar pukul.18.40 WIB, Tim Satgas Darat melakukan patroli dan mendapatkan Karhutbunla terjadi di Desa Lebak Jejawi, Kabupaten OKI yang merupakan lahan semak belukar/brondong. Selanjutnya, pada pukul. 20.25 WIB, Karhutbunla juga terjadi di Desa Sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten OI, sekitar 1 Hektare lahan hangus terbakar yang merupakan lahan milik PT. NURHAKIM.

Dandim 0402/OKI mengatakan, tadi malam kebakaran masih terjadi dan semua pihak berupaya keras memadamkan Karhutbunla di daerah tersebut. Berbagai cara pemadaman pun dilakukan, oleh Tim Terpadu Satgas Darat, TNI, Polri, MA, MPA, BPBD dibantu masyarakat desa. Pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat pemadam seperti mobil tanki, mesin pompa air dan Zet Suter, akhirnya api dapat dipadamkan.

"Saat ini Tim di lapangan sedang menyelidiki penyebab kebakaran, termasuk petugas dari Kepolisian. Kita belum bisa memastikan apakah ini disengaja atau tidak," kata Dandim. @Rill/Nop



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment