Dansatgas Berangkatkan 200 Prajurit BKO Dari Kostrad Ke Titik Rawan Kebakaran

By 01 Agu 2018, 17:43:24 WIBSekitar Kita

Dansatgas Berangkatkan 200 Prajurit BKO Dari Kostrad Ke Titik Rawan Kebakaran

Keterangan Gambar : Istimewa: Saat Apel Persipan Keberangkatan Prajurit TNI di Daerah Yang Rawan Kebakaran


PALEMBANG, liputan-sriwijaya.co.id -- Komandan Korem 044/Gapo yang juga sebagai Dansatgas Karhutbunla Provinsi Sumsel, memberangkatkan 200 prajurit BKO dari Brigade Infanteri 6 Divisi 2 Kostrad yang tergabung dalam Subsatgas Darat Karhutbunla menuju lokasi penugasan dititik-titik rawan kebakaran wilayah Sumsel, bertempat di lapangan apel Makorem 044/Gapo Palembang, Selasa (1/8/2018).

Pasukan yang diberangkatkan hari ini akan memperkuat pasukan Detasemen Teritorial Terbatas yang sudah terlebih dahulu berada di lokasi rawan kebakaran yang tersebar di seluruh wilayah Sumateras Selatan.

Dalam acara pemberangkatan tersebut, Dansatgas menyampaikan, bahwa wilayah Provinsi Sumatera Selatan merupakan Provinsi yang dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games XVII tahun 2018, oleh karenannya sebagai tuan rumah tentunya ingin perhelatan olahraga terbesar di Asia ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses.

“Terbebas dari segala bentuk hambatan dan gangguan yang dapat mengganggu jalannya kegiatan tersebut salah satunya adalah gangguan asap akibat kebakaran hutan, kebun dan lahan, atau ada gangguan keamanan,” terang Dansatgas.
 
Selain itu, Dansatgas menjelaskan, bahwa tugas utama pasukan perkuatan ini adalah mempercepat proses pemadaman kebakaran hutan, kebun dan lahan disejumlah titik rawan kebakaran, khususnya di empat Kabupaten yaitu Kab. OKI, Kab. Ogan Ilir, Kab. Banyuasin dan Kab. Muara Enim, dimana keempat wilayah Kabupaten tersebut menurut BMKG bila terjadi kebakaran, asap akan dibawa angin mengarah ke Kota Palembang tempat penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games XVIII Tahun 2018.

“Saya berharap para prajurit kebanggaan Angkatan Darat ini dapat menjalankan tugas dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, kesungguhan dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Dan mereka bisa mengerahkan seluruh daya, upaya dan kemampuan yang dimiliki, agar harapan Sumatera Selatan terbebas dari asap dapat terwujud,” tegasnya 

Pada acara pemberangkatan pasukan tersebut, Panglima Divisi 2 Kostrad Mayjen TNI Marga Taufiq, S.H., M.H. sempat hadir dan memberikan arahan kepada para prajuritnya yang di BKO-kan ke Satgas Karhutbunla Prov. Sumsel. Tugas ini adalah tugas mulia yang para prajurit emban, kemuliaan itu terletak pada tugas menyelamatkan ekosistem hutan dan menyelamatkan masyarakat dari dampak sistemik akibat kebakaran yang terjadi.

Khususnya dalam pengamanan pelaksanaan Asian Games XVIII Tahun 2018 dimana tempat penyelenggaraan pesta olahraga tersebut harus Zero Asap. “Laksanakan tugas mulia ini dengan penuh keikhlasan, sesuai pembagian tugas yang diberikan oleh Satgas Karhutbunla Prov. Sumsel, perhitungkan dengan cermat taktis di lapangan, dihadapkan dengan resiko yang akan terjadi untuk menghindari terjadinya korban dalam tugas”, ungkap mantan Kasdam II/Swj ini. @Nopri



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook, JANGAN MEMASUKKAN LINK DALAM KOMENTAR KARENA LINK ANDA SUDAH PASTI MUNCUL, JANGAN SPAM YA BROW

View all comments

Write a comment